Pemimpin dalam Pengelolaan
Sumber Daya Pembelajaran
Assalamualaikum wr wb..
Hi cc readers? Gimana ni
puasanya lancar? Lancar ya..❤❤❤❤
Well hari ini seperti biasa cc
bloger mw berbagi praktik baik nih, yaitu demonstrasi kontekstual mengenai
pemimpin dalam pengelolaan sumber daya, ilmu yg didapat cc bloger dari program
guru penggerak. Pada modul 3.2 kita belajar tentang pemimin dalam pengelolaan
sumber daya. Sekali membaca judul pasti kita langsung berfikir mengenai aset
ya, yup betul sekali.
Yuk cc readers kita simak
penjelasanya ya!👀
Pertama kita anggap bahwa sekolah adalah ekosistem, ya tentu
seperti kita ketahui semua ya cc readers, bahwa Eksosistem merupakan sebuah
tata interaksi antara makhluk hidup dan unsur yang tidak hidup dalam sebuah
lingkungan.
Sebuah
ekosistem mencirikan satu pola hubungan yang saling menunjang pada sebuah
teritorial atau lingkungan tertentu. JIka diibaratkan sebagai sebuah ekosistem,
sekolah adalah sebuah bentuk interaksi antara faktor biotik (unsur yang hidup)
dan abiotik (unsur yang tidak hidup). Kedua unsur ini saling berinteraksi satu
sama lainnya sehingga mampu menciptakan hubungan yang selaras dan harmonis.
Dalam ekosistem sekolah, faktor-faktor biotik akan saling memengaruhi dan
membutuhkan keterlibatan aktif satu sama lainnya. Faktor-faktor biotik yang ada
dalam ekosistem sekolah di antaranya adalah:
- Murid
- Kepala Sekolah
- Guru
- Staf/Tenaga Kependidikan
- Pengawas Sekolah
- Orang Tua
- Masyarakat sekitar sekolah
Selain faktor-faktor biotik
yang sudah disebutkan, faktor-faktor abiotik yang juga berperan aktif dalam
menunjang keberhasilan proses pembelajaran di antaranya adalah:
·
Sarana
·
Keuangan
·
Pendekatan berbasis
kekurangan/masalah (Deficit-Based Thinking)
·
Pendekatan berbasis
aset (Asset-Based Thinking)
Nah cc readers,, Menurut Green dan Haines
(2002) dalam Asset building and community development, ada 7
aset utama atau di dalam buku ini disebut sebagai modal utama, yaitu:
1. Modal Manusia
2. Modal Sosial
3. Modal Fisik
4. Modal Lingkungan/alam
5. Modal Finansial
6. Modal Politik
7. Modal Agama dan budaya
So cc readers, saya bekerja di Unit Sekolah SMAN Sumatera Selatan yg sekarang berganti menjadi UPT SMAN 22 Palembang,, hari cc bloger mau mencoba mengklasifikasi aset utama atau modal utama sekolah.
1.
Modal Manusia
·
Kepala Sekolah, komite sekolah, dan school Boarding.
·
Guru lulusan luar dan dalam Negeri, yg kompeten di
bidangnya, dan biasa membawa siswa memenangkan kompetisi nasional maupun
internasional
·
Siswa yg sudah terjaring di sekolah yaitu siswa yg
berprestasi dari berbagai wilayah di provinsi Sumatera Selatan
·
Memiliki Team IT yg terampil dibidangnya
·
Guru yg muda, brsemangat, dan terampil IT dan Bahasa
inggris
·
Memiliki Pengajar Eskul yang kompeten
·
Masyarakat
·
Orang tua siswa
2.
Modal Sosial
·
MGMP
·
TLC (teacher learning
centre)
·
House (grup rumah siswa di
Asrama)
·
Rohis / khataman Alquran
·
OSIS
·
HFO (house family officer)
·
PGRI
·
Ikatan Alumni SMANSS
3.
Modal Fisik
·
Bangunan Sekolah terdiri
dari gedung kelas, moving kelas yg dilengkapi tab (math, KWU, PKN, history,
bahasa, dance art, fine art, musik art,)
·
Lab terdiri dari (lab kimia,
lab fisika, lab IT)
·
Amphiteater
·
Perpustakaan dilengkapi tab,
dan komputer.
·
Ruang Eskul
·
Asrama terdiri dari (asrama
putra, putri, guru, dan guest house)
·
Masjid
·
Kapel
·
Lactation room
·
Mushola
·
Clinic
·
Pantry
·
kantin
4.
Modal Lingkungan/alam
·
Taman, gazebo, kebun, apotik
hidup, green house
·
Benteng kuto besak
·
Hanya 200M dari Jakabaring
sport city(JSC)
·
Bird park jakabaring
·
Punti kayu
·
Kambang iwak
·
Dekranasda (anjungan rumah
adat)
·
Rumah Pintar dekranasda
5.
Modal Finansial
·
Dana APBD
·
Dana BOS
·
KIS
·
BPJS
·
Koperasi
6.
Modal Politik
·
PLN
·
PDAM
·
Lintasarta dan indihome
·
Kerjasama dengan pihak
pajak, BI, puskesmas, bank sumsel babel, dll
7.
Modal Agama dan budaya
·
Siswa yg tinggal di asrama
berasal dari berbagai kab/kota di sumsel, dengan berbagai macam suku dan agama
·
Guru dan staff yang berbeda
suku dan agama
·
Peringatan hari besar
keagamaan
·
Festival sriwijaya
·
Museum daerah
·
Kesenian daerah seperti: dul
muluk, tarian daerah, bahasa dan lagu daerah)
·
Festival bidar
·
Perahu hias
· Tahun baru masehi. Dll
So, ada banyak sekali cc reder aset, itu yang hanya saya rangkum dan tulis, tetapi sebenarnya ada banyak sekali aset yg bisa kita gunakan untuk menunjang kita dalam proses kegiatan belajar mengajar agar lebih kreatif, inovatif, dan efektif tentunya.
Nah cc readers juga
bisa melakukan pendataan apa saja sih aset yg dimiliki sekolah yg cc readers
miliki..
Sampai disini dulu cc
readers,, terimakasih dan jangan lupa untuk tinggalkan pesan di kolom komen
ya..
Wassalamualaikum Wr.Wb
Thankyou
Salam guru penggerak
Della❤
0 komentar:
Posting Komentar